Ikuti Rakernas di Jakarta, Kasatgas Saber Pungli Kalteng Tegaskan Komitmen Wujudkan Bumi Tambun Bungai Bebas Pungli

Jakarta – Komitmen dalam mewujudkan Provinsi Kalimantan Tengah yang bebas Pungutan Liar (Pungli) terus dilakukan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal tersebut terlihat dalam keikutsertaan UPP Saber Pungli Provinsi Kalimantan Tengah dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Tahun 2024 yang digelar oleh Satgas Saber Pungli RI di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan Rakernas kali ini, dihadiri langsung oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno, S.I.K., M.H.,. serta sejumlah anggota kelompok kerja (pokja) UPP Provinsi Kalteng.

Diketahui, Rakernas Satgas Saber Pungli Evaluasi dan Pemberian Penghargaan tersebut dipimpin oleh Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si dengan diikuti oleh seluruh Satgas Saber Pungli Provinsi, UPP Kabupaten/Kota se-indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si menyampaikan, upaya pemberantasan pungli dapat terlaksana dengan optimal berkat kerja sama dan sinergitas yang terjalin antar instansi baik itu kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

Dengan demikian, dikatakan Ahmad Dofiri, optimalisasi tersebut diharapkan dapat memberantas pungli yang cenderung dapat menghambat tidak hanya perekonomian bahkan semua bidang.

“Pemberantasan pungli ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu sinergi dan kolaborasi berbagai pihak. Khusus kepada pokja pencegahan, ikuti renaksi KPK karena sangat bagus untuk diterapkan rencana kerjanya,” ungkapnya.

Lanjut Ahmad Dofiri, kepemimpinan dan perhatian dari masing-masing pimpinan lembaga serta kepala daerah juga merupakan hal sangat penting terutama dalam mencegah pungli sehingga suatu daerah atau lembaga dapat terbebas dari pungli.

Melalui kegiatan Rakernas tersebut, dirinya berharap ke depan kinerja Satgas dan UPP Saber Pungli di daerah dapat terus meningkat, sehingga dengan meningkatnya pengawasan terjadinya praktik pungli dapat ditekan.

“Mungkin pungli di masyarakat kecil nilainya, namun itu sangat menggerogoti korbannya. Kedepan saya berharap pengawasan dan kinerja Satgas maupun UPP dapat terus ditingkatkan, agar praktik pungli tersebut dapat ditekan bahkan dihilangkan,” pungkasnya. (aug/adji/sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *