Jelang Nataru, Polres Katingan Laksanakan Gelar Pasukan Ops Lilin Telabang 2023

Polda Kalteng-Polres Katingan- Menjelang puncak perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024, Polres Katingan melaksanakan apel gelar pasukan operasi Lilin Telabang 2023 bertempat di halaman Mako Polres Katingan, Kamis (21/12/2023) pagi.

Apel gelar pasukan tersebut di pimpin Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, S.H., S.I.K., M.H. dan di hadiri Instansi terkait dan peserta apel yang terdiri dari PJU Polres Katingan, Personil Polres Katingan, Personil Kodim 1019/katingan, BPBD Kab. Katingan, dan, Satpol PP Kab. Katingan.

Dalam sambutannya Kapolres Katingan membacakan Amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

 

Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan “Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama operasi, sehingga pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan optimal,”

 

“Momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Selain itu perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi,”

 

Oleh sebab itu, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023″ selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 02 Januari 2024. Melibatkan 129.923 personel TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu,”

 

Pada sisi Kamseltibcar lantas, polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan,”

 

Selanjutnya pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat,”

 

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun,”

 

Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi,”

 

Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas,

Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023,”

Kepada seluruh personel saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah,”

Pelaksanaan Ops Lilin Telabang 2023 di laksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 22 Desember sampai dengan 2 Januari 2024 serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *