Kegiatan Unit Binmas Polsek Pahandut sebagai Nara Sumber Pelatihan Teknis Satkamling

Polresta Palangka Raya-

Polsek Pahandut Jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Klateng – Unit Binmas Polsek Pahandut menggelar kegiatan pelatihan teknis Satkamling di Aula Basara Kelurahan Pahandut pada hari Rabu, tanggal 20 Desember 2023, pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, dengan Ipda Budi Suwoko sebagai perwakilan Kanit Binmas Polsek Pahandut, Ahmad Reza, S.Kom sebagai Lurah Pahandut, Aiptu Edi Supriyanto sebagai Panit II Binmas Polsek Pahandut, Pelda Yulianto sebagai Babinsa Kelurahan Pahandut, serta Ketua RW/RT kelurahan Pahandut.

Acara dimulai dengan susunan acara pembukaan, yang mencakup menyanyikan Lagu Indonesia Raya, doa, sambutan dari Lurah Pahandut, sambutan dari Camat Pahandut atau yang mewakili, paparan materi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari nara sumber, foto bersama, dan penutup.

Sebagai nara sumber, Ipda Budi Suwoko menyampaikan materi berdasarkan Perpol No.04 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa. Beliau menjelaskan bahwa Satkamling dibentuk oleh warga masyarakat untuk memenuhi rasa aman dan nyaman di lingkungan pemukiman, meningkatkan kesadaran warga terhadap kamtibmas, dan memperkuat fungsi kepolisian terbatas di lingkungan masing-masing.

Ipda Budi Suwoko juga menyoroti peran Satkamling menjelang Natal dan Pemilu dalam menjaga kamtibmas serta memberikan saran agar ketua RT/RW mengaktifkan kembali Satkamling di lingkungan mereka. Satkamling, dengan sarana dan prasarana yang lengkap, dapat melaksanakan tugasnya seperti patroli, memberikan himbauan, memberikan bantuan pertolongan, dan berkoordinasi dengan kepolisian terdekat.

Dalam sesi tanya jawab, para ketua RT/RW mengemukakan kondisi Satkamling di lingkungan mereka, termasuk pos Satkamling yang rusak, tidak aktif, dan kekurangan sarana. Ipda Budi Suwoko memberikan saran untuk mengaktifkan kembali pos Satkamling yang layak, melibatkan warga dalam pemeliharaan dan perbaikan, serta mencari solusi bersama dengan pihak kepolisian, kelurahan, dan sponsor potensial.

Ketua RT juga diharapkan aktif dalam mencari solusi kebutuhan operasional Satkamling, seperti mengadakan rapat dengan warga, melibatkan pihak kepolisian, TNI, dan kelurahan, serta mencari dukungan dari pemerintah dan sponsor. Pelaksanaan patroli sambang ke Satkamling yang aktif juga menjadi bagian dari pembinaan Satkamling oleh Unit Binmas maupun Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang peran penting Satkamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka serta memotivasi untuk lebih aktif dalam mendukung dan mengaktifkan kembali Satkamling di setiap RT/RW. (TC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *