Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Rumkit Bhayangkara Cek Kesiapan Sarana Dan Prasarana Pendukung

PALANGKA RAYA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengeluarkan surat edaran yang menyoroti kewaspadaan terhadap potensi lonjakan kasus Covid-19 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Surat edaran ini ditujukan kepada para pelaku perjalanan luar negeri, mengingat situasi pandemi yang terus berkembang di berbagai negara.

Peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara menjadi alasan utama bagi Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama dengan memperhitungkan potensi mobilitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Terkait imbauan tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto melalui Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mencatat hingga saat ini belum ada kasus atau suspek Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya wilayah kota Palangka Raya. 

Namun demikian sejumlah upaya dan langkah-langkah persiapan dilakukan untuk menekan kasus covid jelang momen libur Natal dan Tahun Baru (nataru).

“Strategi yang pertama kita tetap melaksanakan 3T testing, tracking, dan treatment,” kata dr. Anton, Selasa (13/12/2023).

Kemudian, Karumkit Bhayangkara Palangka Raya beserta personel melakukan pengecekan sarana dan prasarana pendukung dalam penanggulangan Covid-19 seperti menyiapkan ruangan-ruangan darurat jika memang diperlukan, persediaan obat dan alkes hingga  mengoperasionalkan kembali laboratorium Polymerase Chain Reaction atau PCR dan mobil laboratorium PCR dalam membantu mengidentifikasi kondisi pasien yang terpapar Covid-19.

“Semua harus benar-benar di persiapkan sedini mungkin apabila terjadi gelombang lagi, tapi mudah-mudahan tidak ya”, ujar dr. Anton.

Sebagai upaya pencegahan tambahan, Karumkit Bhayangkara Palangka Raya menyarankan masyarakat untuk melakukan beberapa antisipasi, antara lain dengan segera memeriksakan diri jika memiliki gejala yang mengarah kepada Covid-19.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya penggunaan masker terutama di tempat-tempat kerumunan, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin, melengkapi vaksinasi dengan dosis booster kedua, serta menunda bepergian ke daerah yang dilaporkan mengalami lonjakan kasus Covid-19 sebagai langkah pencegahan untuk meminimalisir penyebaran virus di masyarakat. (Har/Sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *