Satgas Pencegahan Banjir Lakukan Pembersihan Drainase dan Pembongkaran Gorong-gorong di Jalan Lawu, Palangka Raya

Tribratanews.kalteng.polri,.go.id
-Polresta Palangka Raya-
Poolsek Pahandut Jasjaran polresta Palangka Raya, Poldam Kalteng – Pada hari Jum’at, tanggal 8 Desember 2023, pukul 13.00 WIB, kegiatan pembersihan drainase dan pembongkaran gorong-gorong yang buntu dilaksanakan oleh anggota Bhabinkamtibmas yang tergabung dalam Satgas Pencegahan Banjir. Kegiatan ini merupakan upaya antisipasi terhadap potensi bencana banjir di Jalan Lawu, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.
Berdasarkan sumber informasi dan laporan dari Lurah Palangka, kegiatan ini melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Palangka. Pembersihan dilakukan sepanjang 350 meter di sepanjang Jalan Lawu, melibatkan berbagai personel dari berbagai instansi, antara lain Bpk Kalaksa, Tim BPBD Kota Palangka Raya, TSAK Palangka, TSAK Tanjung Pinang, BPK Borneo, BPK Amin Subur, BPK Kampung Baru, ERP, Satpol PP, dan MDMC.
Peralatan yang digunakan dalam kegiatan ini melibatkan kendaraan roda 4 sebanyak 5 unit, roda 2 sebanyak 15 unit, dan mesin portabel sebanyak 2 unit. Selain itu, tersedia pula berbagai peralatan seperti selang hisap, selang tembak, nozzle berbagai ukuran, cangkul, parang, tali, skop, penggaruk, sapu, dan karung.
Kegiatan pembersihan dilakukan di sejumlah titik koordinat S. -2,189 dan E. 113,888. Namun, kondisi lapangan menunjukkan bahwa parit banyak yang mengalami pendangkalan akibat lumpur, rerumputan, dan sampah. Hal ini menjadi kendala bagi satgas dalam melaksanakan pembersihan dengan optimal.
Meskipun menghadapi kendala tersebut, satgas terus berupaya membersihkan parit dan gorong-gorong guna mencegah terjadinya banjir. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan perlindungan lebih baik kepada warga sekitar dari risiko bencana banjir yang mungkin terjadi. (TC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *